Plt Disdikbud Batubara Ilyas Sitorus Kunjungi Istana Niat Lima Laras Dan Akan Lakukan Pemugaran



Dikonews7 | Batubara - Kunjungan Plt Disdikbud Kab. Batubara Ilyas Sitorus ke Istana Niat Lima Laras dalam rangka menginventarisasi dan menilik keberadaan Istana Niat Lima Laras untuk lebih mencari tahu serta menggali potensi perihal keberadaan Situs Cagar Budaya dan akan melakukan perehaban Istana yang di ketahui sebagai icon Kab. Batubara yang terlupakan, Kamis (31/10/2019).

Keluarga besar keturunan dari kedatukan Istana Niat Lima Laras yang ke XII Datuk Mhd Azminsyah menyambut baik kedatangan Plt Kadisdikbud Batubara yang ingin melakukan inventarisasi dan menilik gedung Istana yang sudah dimakan usia.


Luas areal Istana Niat Lima Laras 1.400 M2 persegi dengan bangunan ala ornamen Melayu, China dan Eropah  yang memilki masa Empayer disnaty pada tahun 1912 hingga 1923 masih berdiri bangunan nya hingga saat ini, Namun sejalan waktu dan usia nya kini telah reput dan usang dimakan usia peradaban zaman.

Menurut Plt Ilyas Sitorus yang akrab di panggil Ncekli itu mengatakan kepada awak media, "Kita akan berupaya bersama DPRD Batubara agar dapat mencari dana dukungan untuk melakukan rehab berat Istana Niat Lima Laras dari keberlangsungan nya, tentu hal itu perlu melakukan dan memperhatikan regulasi dari nomenklatur dan peraturan yang berlaku sejalan dengan kebutuhan Pemerintah Batubara dalam upaya melestarikan Icon Situs Cagar Budaya Istana Niat Lima Laras, tetapi kita juga harus lakukan upaya menggali potensi yang terkandung dalam seni dan sejarah budaya Batubara dan itu semua perlu dukungan seluruh lapisan masyarakat Batubara." Ujar Ncekli

Selain itu, Ncekli juga mengatakan, dalam pelaksanaan pemugaran Istana Niat Lima Laras tidak dapat dikerjakan setengah-setengah, dengan kata lain Istana Niat Lima Laras harus di lakukan pemugaran rehab berat terhadap jenis bangunan yang rusak namun jangan sampai menghilangkan nilai sejarah dan budaya yang terkandung dalam seluruh komponen Istana Niat Lima Laras.

Menurut Kuncen Istana Niat Lima Laras sekaligus Ahli waris keturunan Datuk Istana Niat Lima Laras yang ke XII, Datuk Mhd Azminsyah.

"Sayo sangat berterima kasih jika memang niat Pemerintah Batubara akan melakukan perbaikan Istana Niat Lima Laras, dan Istana dapat di pergunakan sebagaimana keperuntukannya, cumo sayo berharap, jangan lagi hanya janji-janji seperti yang sebelumnya, hingga sampai sekarang belum terealisasi". Cetus Datuk Mhd Azminsyah. (Aswat)

Editor : Sapta






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel