Rencana Awal Januari, TNI AU Datangkan Pesawat Canggih F-16 Block 72 Viper

DikoNews7 | Jakarta - 

Kepala Staf TNI-AU Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengatakan, untuk memperkuat wilayah udara Ibu Pertiwi, pihaknya rencana akan datangkan pesawat anyar super canggih dari Lockheed Martin, F-16 Block 72 Viper pada tahun 2020-2024.
"Kita akan beli dua Skadron di Renstra tahun 2020 hingga 2024. Kita akan beli tipe terbaru Block 72 Viper. Insya Allah, doakan aja" kata Marsekal TNI Yuyu Sutisna kepada wartawan di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, Senin (28/10).
Yuyu mengatakan, hingga saat ini Indonesia masih mengandalkan pesawat F-16 yaitu pesawat tempur favorit di dunia, dan saat ini ada 33 unit F-16 Fighting Falcon yang masih menjadi salah satu senjata utama Angkatan Udara (AU).
Nantinya pesawat itu akan menyebar di 2 Skadron yaitu, Skadron udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru serta Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi Jawa Timur. 
Ke depan, Indonesia masih akan mengandalkan F-16 sebagai penjaga birunya langit Indonesia dengan mendatangkan jenis terbaru Block 72 Viper.
"Mudah-mudahan 1 Januari 2020 diproses sehingga bisa menambah kekuatan kita. Kalau kita memiliki itu berarti kita termasuk memiliki F-16 tercanggih, F-16 adalah pesawat tempur andalan, bukan tanpa alasan". Bebernya. 
Masih Yuyu, jika populasi pesawat jenis F-16 itu mencapai 3.000 unit lebih dan digunakan oleh banyak negara di dunia. Selain itu, sejumlah operasi militer juga berhasil dilakukan dengan menggunakan pesawat asal negeri Paman Sam tersebut.
"Banyaknya yang menggunakan dan banyaknya populasi tentunya keandalan pesawat ini sangat baik," imbuhnya.
Selain F-16, Yuyu rencana mendatangkan jenis Block 72 Viper dan menekankan bahwa TNI AU turut akan mendatangkan pesawat jenis Sukhoi 35 dari Rusia. Selain itu, kita akan datangkan pesawat dari timur yaitu, Sukhoi 35 yang sedang proses. Tambahnya.
Diketahui, F-16 Block 72 Viper adalah versi terbaru dari seri pesawat tempur F-16 yang versi paling mutakhir yang pernah diproduksi Lockheed Martin. F-16 Fighting Falcon adalah salah satu pesawat tempur yang paling laris dan battle proven di dunia.
Indonesia pernah menjadi operator awal pesawat jenis F-16 Fighting Falcon di ASEAN, melalui program pengadaan dengan sandi Peace Bima Sena I pada dasawarsa '90-an. (Asn, Rel)
Editor : Sapta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel