Gunung Shiveluch di Rusia Meletus


DikoNews7 -

Shiveluch, salah satu gunung berapi paling aktif di Rusia, meletus Selasa, memuntahkan awan abu setinggi 20 kilometer ke langit dan menutupi area yang luas dengan abu.

"Gunung berapi Shiveluch di wilayah Kamchatka timur jauh Rusia meletus pada Selasa 11 April 2023 pagi waktu setempat. Memuntahkan abu hingga setinggi 20 kilometer di atas permukaan laut," menurut cabang lokal Russia Academy of Sciences (RAS) Geophysical Survey atau Survei Geofisika Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, seperti dikutip dari CNN, Rabu (12/04/2023).

Aktivitas seismik pertama kali dilaporkan pada hari Selasa sekitar pukul 12:54 waktu setempat (08:54 ET pada hari Senin), Survei Geofisika mengatakan di Telegram seraya menambahkan bahwa periode gunung meletus masih terjadi hampir 15 jam kemudian.

Video yang diposting di media sosial dari wilayah tersebut menunjukkan awan abu besar di langit dan abu menutupi jalan dan mobil di Kota Ust-Kamchatsky, sekitar 90 kilometer (55 mil) dari gunung berapi Shiveluch.

Menurut data satelit, ukuran gumpalan awan berukuran 400 x 250 kilometer dan telah menyebar ke barat dan selatan gunung berapi, jelas Survei Geofisika.

Institute of Volcanology and Seismology of the Far Eastern Branch of RAS (Institut Vulkanologi dan Seismologi Timur Jauh Rusia Cabang RAS) mengatakan penunjukan kode bahaya "merah", tingkat tertinggi. 

Untuk itu telah dikeluarkan peringatan penerbangan dan ada risiko aliran lahar panas menghalangi jalan, kantor berita negara Rusia TASS melaporkan.

"Aliran lahar cair dapat menempuh jarak hingga 20 kilometer dan memblokir jalan raya Petropavlovsk-Kamchatsky-Ust-Kamchatsky,” kata lembaga tersebut, menurut TASS.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel