Bertopeng Komite, MAN Batu Bara Diduga Pungut Ratusan Ribu Ke Siswa Baru


DikoNews7 -

Dugaan pungutan ke siswa baru Tahun Pelajaran (TP) 2023-2024 Kementerian Agama Republik Indonesia di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batu Bara Jl. Perintis Kemerdekaan No.76 Lima Puluh Kota, kecamatan Lima Puluh, kabupaten Batu Bara, senilai ratusan ribu rupiah bertopeng hasil rapat komite.

Pungutan tersebut dinilai sangat memberatkan orang tua siswa baru yang baru dinyatakan lulus di MAN Batu Bara.

Dari keterangan Kepala Sekolah (Kepsek) MAN Batu Bara, Erwin Nst diruang kerjanya kepada awak media, Senin (19/06/2023) mengatakan, dari hasil rapat komite itu orang tua siswa setujuh mengumpul 450 ribu rupiah untuk membangun satu ruang kelas baru (RKB). 

Lanjut awak menanyakan kembali ada lagi pungutan senilai 500 ribu rupiah, saya dengar itu untuk baju olah raga, tapi ini komite ya, sebenarnya kita enggak ada, sebenarnya sekolah lepas, cuma komite menginginkan supaya ada keseragaman di MAN ini ada baju olah raga, batik, atribut sekolah, dan itu komite, kita lepas, ucap Erwin.

“Saya sebenarnya kalau disekolah itu tidak ada tak apa-apa, “ tegasnya.

Terkait uang sekolah per bulannya, dengan lugas Erwin mengatakan, sebenarnya pertanyaan ini enaknya di komite, cuma informasi saya sampaikan juga bahwa per bulannya 80 ribu rupiah tapi itu kesepakatan orang tua siswa, kalau kita di sekolah sebenarnya tak usah biaya-biaya apa-apa.

Dilain sisi awak media mencoba menanyakan kembali terkait pengutipan tersebut, kepsek menyebutkan, sebenarnya keberatan kalau kata-kata keberatan sebenarnya agak berat juga, cuma kita coba dulu sama orang tua siswa kata pengurus komite, tepis Erwin.

Dan masalah pembayarannya bisa dicicil selama enam bulan, terkait uang komite atau uang SPP lah kita bilang, nanti saat mendaftar ada data yang harus diisi penghasilan orang tua, dan itu nanti turun tim dari MAN yang diusulkan komite langsung turun ke rumah orang tua siswa kalau kenyataannya survei tidak sanggup bayar, komite menggratiskan itu, cuma enggak disampaikan di forum, tukas Kepsek.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel