Pendaftar Sepi, Hanya Ada 50 Siswa Daftar di SMKN 1 Talawi


DikoNews7 -

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMK Negeri 1 Talawi, Kabupaten Batu Bara, hanya ada 50 siswa yang mendaftar untuk tahun ajaran 2023-2024. Tentunya jumlah itu sangat sedikit, bahkan tidak memenuhi kuota dengan jumlah 50 siswa.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Negeri 1 Talawi, Drs Harris Fadillah MSi, Sabtu (03/06/2023) mengungkapkan, di daerah kita ini SMK Negeri 1 Talawi merupakan wilayah pantai, memang kurang peminatnya dan banyak siswa itu mendaftar ke SMA.

“Jadi seolah-seolah tidak lulus di SMA barulah mendaftar ke SMK dan inilah yang selalu terjadi setiap tahun di SMK Negeri 1 Talawi. Setelah  pengumuman di SMA nanti dan bagi siswa yang tidak lulus itu barulah mendaftar ke SMK,“ cetusnya.

Namun, ada juga siswa yang betul-betul sudah berminat dan mendaftar ke sekolah ini, itu juga tidaklah banyak, jadi belum mencukupi kuotalah.

“Beda dengan SMA yang selalu berlebih dan kita selalu kekurangan murid, seolah-olah, ya tanpa PPDB pun seandainya siswa itu mendaftar yang namanya kurang otomatis masuklah itu,“ sebut Harris.

Dijelaskannya, kalau seandainya sesuai dengan kuota sebanyak 216 siswa, tetapi yang mendaftar saat ini baru sekitar 50 orang yang terbagi enam jurusan, jauh kali kurangnya.

“Seandainya enam jurusan ini dikali 36 orang perjurusan dengan total 216 siswa inilah yang dibutuhkan. Jadi kita pun kurang tahu penyebabnya, jelasnya yang saya bilang tadi wilayah pinggir pantai, kalau SMK wilayah diluar dari kabupaten Batu Bara memang betul-betul orang berminat masuk SMK,“ ungkap Kepsek Harris.

Lebih lanjut dikatakannya, sebelumnya pun tim kita sudah melakukan sosialisasi ke siswa SMP supaya masuk ke SMK Negeri 1 Talawi. Pada umumnya siswa lebih berminat masuk ke SMA.

Sembari ia berharap kepada siswa yang tidak lulus masuk ke SMA mudah-mudahan siswa tersebut mendaftar kemari itu pun tidak tercapai kuota berdasarkan tahun-tahun yang lewat sebanyak 141 yang dibutuhkan 216.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel