Plt Bupati Langkat Dukung Perjuangan Dermaga Ex Japex Jadi Pelabuhan Umum


DikoNews7 -

Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH mendengarkan serta memberi tanggapan Presentasi rencana pembangunan Dermaga Umum Pelabuhan Pangkalan Susu bersama Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Pangkalan Susu, bertempat di Ruang Rapat Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Sumut, Rabu (07/06/2023).

Dalam kunjungannya, Kepala Kantor KSOP Kelas IV Pangkalan Susu Merdi Loi SE MM menyampaikan paparannya terkait dengan rencana akan dibangunnya pelabuhan umum di Kecamatan Pangkalan Susu. Dirinya berharap Plt Bupati Langkat dan para Kepala Perangkat Daerah dapat mendukung terlaksananya pembangunan dermaga tersebut.

Merdi juga menyampaikan, dasar hukum terkait dengan lahirnya Dermaga umum tertera dalam Undang-undang nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2009 tentang pelabuhan sebagaimana telah diubah menjadi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 64 tahun 2015 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 31 tahun 2021 tentang penyelenggaraan bidang pelayaran serta peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia nomor 52 tahun 2021 tentang Terminal khusus dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS).

Sementara itu lanjutnya, di Pangkalan Susu tidak mempunyai dermaga umum hanya ada dermaga TUKS milik Pertamina dan PLN saja, sedangkan pelabuhan umum yang akan di buat belum mempunyai lahan jadi yang mau diusulkan adalah peralihan aset milik pertamina kepada Pemda untuk pembangunan pelabuhan tersebut.

Pengalihan aset ini berdasar hukum serta regulasi sesuai dengan Permenhub nomor PM 52 tahun 2021 tentang Terminal khusus dan terminal untuk kepentingan sendiri dapat diserahkan kepada pemerintah dengan peralihan aset.

"Kita sudah menyurati Pertamina dan mohon nanti kepada bapak untuk bisa mendukung dalam hal ini seperti yang kami laporkan tadi, bahwa sampai sekarang belum ada lahan Dermaga umum di Pangkalan Susu," sebut Merdi Loi,SE, MM.

Dalam pertemuan ini, Plt.Bupati Langkat mengatakan pengembangan Kabupaten Langkat secara umum ini merupakan pekerjaan berat tapi harus dimulai. Dengan konsep dan paparan yang disampaikan Bapak Merdi loi kita sangat tertarik, dari penjelasan ini apa  yang harus kita lakukan adalah bagaimana agar aset Ex.Japex bisa beralih menjadi aset Pemda.

"Ini Menjadi mimpi saya dari dulu agar ada pelabuhan umum di Langkat, proses ini diawali pada tahun 2016 lewat DPRD, kemudian terjawab sudah bahwa hari ini kita punya peluang untuk itu dan akan kita sinergikan dengan Kementerian Perhubungan. Lahan yang diminta merupakan aset BUMN dan kita akan berkoordinasi dengan pihak Pertamina mengenai administrasinya, jika semua sudah oke kita atur pertemuannya dan bersama kita berangkat ke Jakarta," sebut Plt Bupati Langkat H Syah Afandin.

Menanggapi hal ini, Kepala BAPEDA Kabupaten Langkat Rina Wahyuni Marpaung SSTP MAP, menyampaikan, rencana membuat pelabuhan umum bersinergi dengan perencanaan pemerintah Kabupaten Langkat yang ingin membuat Kawasan Industri. Artinya pelabuhan sangat mendukung operasional Kawasan Industri.

"Ini sesuai dengan rencana pembangunan nasional yang disampaikan oleh Bapak Presiden, pelabuhan sangat mendukung peningkatan ekonomi di segala sektor. Untuk itu kita lebih fokus ke perencanaan dasar dan tujuan peruntukannya, kemudian hal-hal lain yang mendukung pembangunan pelabuhan seperti akses jalan di Pangkalan Susu yang berstatus jalan Kabupaten juga kita tingkatkan menjadi jalan nasional, jika ini sudah menjadi program prioritas perencanaan pembangunan nasional maka perencanaan pembangunan pelabuhan ini akan didukung semua oleh pemerintah seperti di Kuala Tanjung," ucap Rina Wahyuni.

Turut hadir dalam pertemuan ini, Sekdakab Langkat Amril SSos MAP, Staf Ahli H Sutrisuanto SSos MSi, Ka BAPEDA Hj Rina Wahyuni Marpaung SSTP MAP, Kepala BAPENDA Dra Muliani S, Kepala BPKAD Drs Iskandarsyah, Plt Kadis Perhubungan Drs H Mulyono MSi, Kadis Kominfo H Syahmadi SSos MSP, Kadis Perikanan dan Kelautan TM Auzai, Kabag Kesra H Syahrizal SSos MSi, Kabag Tapem H Surianto SSos, Kabag PBJ  David Helgod Pardede SIP, MSP, Camat Pangkalan Susu Agung Tritantio SSTP MAP, Ka KSOP Kelas IV Pangkalan Susu Merdi Loi SE MM, dan Staf KSOP Kelas IV Pangkalan Susu. 

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel