Rutan Pangkalan Brandan Kanwil Kemenkumham Sumut Gelar Donor Darah Bersama PMI


DikoNews7 -

Dalam rangka memeriahkan HUT Kemenkumham RI ke-78 yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2023 mendatang. Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pangkalan Brandan gelar kegiatan peduli sosial berupa donor darah bekerja sama dengan PMI Kabupaten Langkat.

Kegiatan dilaksanakan di ruang serba guna Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan, diikuti oleh seluruh petugas Rutan serta Dharma Wanita Persatuan Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan, Rabu (02/08/2023).

Kepala Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan,A.Agung Gede Joni Putera, A.MD.IP.SH disela-sela kegiatan mengatakan, donor darah dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT Kemenkumham RI ke-78, kegiatan diikuti seluruh petugas Rutan dan DWP Rutan Kelas IIB Pangkalan Brandan dengan jumlah peserta 47 orang.

Lebih lanjut dikatakan. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran tentang pedoman pelaksanaan rangkaian peringatan Hari Kemenkumham ‘Hari Dharma Karya Dhika’ ke-78 Tahun 2023 yang dikeluarkan oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI.

Selain itu, kegiatan donor darah seperti ini penting kita laksanakan secara rutin, tidak hanya untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan bantuan transfusi darah melainkan donor darah itu sendiri baik untuk kesehatan tubuh sesuai dengan anjuran dokter selaku ahli kesehatan.

"Kegiatan diawali dengan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan sebagai pendonor. Kita berharap, kegiatan-kegiatan positif seperti ini dapat terus kita lanjutkan dan pada kegiatan ini kita ingin menunjukkan kepada seluruh masyarakat, bahwa Pemasyarakatan tidak hanya peduli kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tetapi Pemasyarakatan juga hadir untuk seluruh masyarakat di luar tembok lapas/rutan," ujar  KaRutan.

Dikutip dari Laman Resmi kemkes.go.id kegiatan donor darah sangat baik untuk kesehatan sesuai dengan anjuran dari ahli medis, seperti:

Manfaat donor darah secara fisik:

1. Meminimalisir risiko Penyakit jantung

2. Dapat mengurangi kekentalan darah dalam tubuh

3. Menurunkan tingkat kolesterol di dalam tubuh

4. Dapat menurunkan kadar oksidan di dalam tubuh dengan meningkatkan kandungan antioksidan.

 Manfaat donor darah secara Mental

1. Mengurangi stres

2. Mengurangi perasaan negatif

3. Meningkatkan kesejahteraan emosi

4. Menurunkan rasa terasingkan

Kegiatan donor darah ini bekerja sama dengan Tim Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Langkat, dipimpin oleh Ibu Fatmawati Tanjung selaku Kepala Penanggung Jawab Tehnis UDD PMI Kabupaten Langkat. 

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel