KSAD Dudung : TNI Akan Kelola Sungai Deli Medan Agar Air Dapat Dimanfaatkan Masyarakat


DikoNews7 -

Kepala Staff TNI Angkatan Darat (Ksad), Jenderal TNI H Dudung Abdurachman, mengatakan bahwa pihaknya tidak hanya sekedar membersihkan Sungai Deli di Kota Medan dari sampah, tetapi juga akan mengelola air sungai tersebut, jadi air yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Sungai ini nantinya akan kita olah dan menjadi air yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam kehidupannya sehari-hari," kata Dudung dalam jumpa pers kegiatan gotong-royong, dalam rangka normalisasi Sungai Deli, Rabu (27/9/23).

Diketahui, kegiatan gotong-royong ini berlangsung selama 64 hari ke depan terhitung mulai, hari ini dan gotong-royong dalam normalisasi Sungai Deli tersebut dilakukan sepanjang 34,5 Km dengan melibatkan 1.000 personel gabungan.
 
Dalam gotong-royong normalisasi Sungai Deli ini, pembersihan juga akan didukung alat berat dari Dinas SDABMBK Kota Medan, Kodam O Bukit Barisan dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II. 
 
Dudung menjelaskan bahwa dirinya kagum dengan masyarakat Kota Medan, dimana telah memberikan respon yang baik dan sangat antusias terkait dengan kegiatan gotong-royong tersebut. 

"Kegiatan ini bukan hanya fisik untuk menormalisasi sungai. Namun ada penyuluhan oleh tim untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan apalagi di sungai," jelas Dudung.
 
Tidak hanya itu, Dudung juga mewarning kepada perusahaan atau pabrik yang berada di sekitar Sungai Deli, agar tidak membuang limbahnya di Sungai karena kan memberikan dampak buruk terhadap lingkungan dan menyebabkan pencemaran air.
 
"Termasuk kepada pabrik-pabrik yang selama ini membuang limbahnya. karena ini sangat berdampak buruk pada kesehatan," tegas Dudung.
 
Dudung mengatakan dalam normalisasi ini, pihaknya mengerahkan prajurit TNI, Polri, pihak terkait dari Pemerintah Kota (Pemkot) Medan, BWS Sumatera II.

"Beberapa kegiatan yang menjadi target 34,5 Kilometer yang melintas di Kota Medan nanti akan dibersihkan baik dari TNI/Polri maupun unsur-unsur lainnya, mulai dari pemerintah daerah maupun masyarakat," kata Dudung.
 
Sementara itu, Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution sebagai inisiator kegiatan gotong-royong Sungai Deli. Ia menjelaskan kegiatan ini, sebagai langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Medan, mengatasi banjir di ibu kota Provinsi Sumut ini.
 
"Beberapa waktu lalu, kami Pemko Medan memohon bantuan dari TNI Angkatan Darat dan langsung berbicara program ini kepada Kasad. Alhamdulillah, untuk kebutuhan membersihkan sungai Deli sepanjang 34,5 Kilometer disupport penuh oleh TNI AD dan kita berkolaborasi dengan pihak Polri dan seluruh lapisan masyarakat," ucap Bobby.

Bobby mengatakan tujuannya selain pengerjaan pembersihan Sungai Deli, pihaknya bersama TNI AD, juga melakukan sosialisasi bagaimana sungai ini menjadi sumber kehidupan.
 
"Tidak ada lagi, yang membuang sampah. Tidak ada lagi, yang menjadikan sungai ini sebagai halaman belakangnya. Oleh karena itu kami mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan dan kebersihan sungai Deli kita ini," jelas suami Kahiyang Ayu itu.
 
Kegiatan gotong-royong ini, dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin, Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Mochammad Hasan, Wakapolda Sumut, Brigjen Pol. Jawari, dan Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid. (*)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel