BBKSDA Sumut Gelar Festival Masyarakat Adat & Agama Kawasan Suaka Margasatwa Karang Gading dan Langkat Timur Laut


DikoNews7 -

Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Sukhyar Mulyamin SSos MSi, menghadiri Festival Masyarakat Adat dan Agama Desa Sekitar Kawasan Suaka Margasatwa Karang Gading dan Langkat Timur Laut di Lapangan Alun-Alun Tengku Amir Hamzah Stabat, Kabupaten Langkat, Sumut, Sabtu (21/10/2023).

Acara diselenggarakan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara, dengan tujuan melindungi suaka margasatwa di Karang Gading dan Langkat Timur Laut.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara, Rudianto Saragih Napitu S.Si, M.Si dalam kata sambutannya mengatakan. Karang Gading adalah satu-satunya suaka margasatwa yang ada di pantai timur dan ini kawasan hutan mangrove dengan ragam spesies tanaman dan satwa.

Oleh karena itu, dilandasi dengan filosofi antara alam dan masyarakat serta dukungan agama dan budaya, kita mendeklarasikan Kawasan Suaka Margasatwa Karang Gading dan  Langkat Timur Laut dijadikan sebagai pusat pembelajaran rehabilitasi mangrove terbaik yang ada di Indonesia.

"Dengan 17 Kelompok Tani Hutan (KTH) kami berkomitmen membangun masyarakat sekalian membangun kawasan konservasi hutan hingga bisa bermanfaat untuk masyarakat dan tetap lestari. Terima kasih kami atas bantuan dan dorongan dari Pemkab Langkat, doa maupun semangat dari seluruh masyarakat yang mendukung kegiatan ini," ucap Rudianto Saragih Napitu S.Si, M.Si.

Sambutan Plt Bupati Langkat yang disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Sukhyar Mulyamin, S.Sos, M.Si, bahwa Desa Sekitar Kawasan Suaka Margasatwa Karang Gading dan Langkat Timur Laut menaungi 14 desa yang terdapat di dua Kabupaten yaitu Langkat dan Deli serdang.

Kehidupan masyarakat sekitar pada umumnya berprofesi sebagai petani dan nelayan yang bergantung pada kawasan suaka margasatwa, dengan dilaksanakan kegiatan ini semoga bisa membantu perekonomian masyarakat.

Terima kasih tak lupa saya sampaikan kepada seluruh pihak yang berperan hingga terlaksananya Festival Masyarakat Adat dan Agama Desa Sekitar Kawasan Suaka Margasatwa Karang Gading dan Langkat Timur Laut. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala Tuhan yang maha kuasa senantiasa membimbing dan meridhoi segala upaya yang kita lakukan.

"Hari ini Sabtu 21 Oktober 2023 festival masyarakat adat dan agama Desa Sekitaran Kawasan Suaka Margasatwa Karang Gading dan Langkat Timur laut saya buka secara resmi dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim," ucap H. Sukhyar Mulyamin, S.Sos, M.Si,

Acara juga diisi dengan deklarasi pembacaan ikrar dan penandatanganan bersama serta penyerahan bibit mangrove, bibit ikan, bibit kepiting, lembu dan alat lebah madu kepada para KTH yang diberikan oleh Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Sukhyar Mulyamin S.Sos, M.Si, Kepala Balai KSDA Sumatera Utara Rudianto Saragih Napitu, S.Si, M.Si, Sultan Langkat Tuanku Azwar Aziz Abdul Djalil Rahmatshah, Tuan Guru Uztad KH.H. Thamrin Munthe.

Turut hadir, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara Rudianto Saragih Napitu SSi MSi, Tuan Guru Babussalam Uztad KH H Thamrin Munthe, Sultan Langkat Tuanku Azwar Aziz Abdul Djalil Rahmatshah, Danramil 07/Stabat Kapten Inf Edi Susanto, Wakapolsek Stabat Ipda Melly Bangun, tokoh agama dan  tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya. 

Reporter : Kurni02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel