Minim Perhatian, Jembatan Gantung Barak Budi Sei Lepan Memprihatinkan


DikoNews7 -

Jembatan gantung barak budi sepanjang lebih kurang 60 meter diatas aliran sungai Lepan di Dusun V, Desa Harapan Maju, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Sumut, kondisinya sangat memperhatikan.

Sejak beberapa tahun lalu, jembatan gantung barak budi mengalami kerusakan tanpa perbaikan, minimnya perhatian dari pemerintah membuat kerusakan jembatan semakin parah.

Padahal jembatan gantung barak budi merupakan jembatan penghubung yang menghubungkan Desa Harapan Maju dengan Desa Harapan Makmur, dimana jembatan ini selalu ramai dilalui masyarakat dalam beraktifitas, baik dalam hal pendistribusian hasil panen maupun aktivitas lainnya.

Dari pantauan dilokasi, Sabtu (14/10/2023), terlihat kondisi jembatan yang sudah tua hanya bertahan (bergantung) pada dua tali Sling baja yang sudah korosi di kiri kanan atas jembatan, sementara dinding dan pagar jembatan sudah lapuk dan berpatahan begitupula dengan penahan lantai jembatan. Kondisi ini sangat berbahaya bagi warga yang melintas terutama bagi pengendara roda dua.

"Jembatan ini sudah tua tanpa perbaikan, kerusakan terlihat disepanjang jembatan, kita harap pemerintah memperhatikan keadaan ini guna melakukan perbaikan," ucap Wanto (38) salah seorang warga Desa Harapan Maju.

Senada, Bili Hidayat (55) warga Desa Harapan Maju saat ditemui melintas disekitar lokasi mengatakan. Kerusakan sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu, namun hingga sekarang belum ada tanda-tanda akan diperbaiki, sementara jembatan ini merupakan jembatan inti sebagai jembatan penghubung antar desa yang ramai dilalui masyarakat.

"Jika tidak diperbaiki jembatan ini akan segera ambruk, kerusakannya sudah cukup parah, saat dilewati jembatan ini sangat bergoyang, lihat saja kondisinya sudah pada berkarat dan pagarnya berpatahan, kasihan kita melihat anak-sekolah yang melintas di jembatan ini," ucapnya.

Lebih lanjut Bili mengatakan, kerusakan jembatan gantung barak budi sudah pernah disampaikan warga kepemerintah Desa dan ke Kecamatan Sei Lepan, namun dengan berjalannya waktu perbaikan yang diharapkan tidak juga kunjung dilaksanakan hingga sekarang. 

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel