Pemkab Langkat Gelar Rakor Implementasi Integrasi Layanan Primer


DikoNews7 -

Dalam rangka penerapan integrasi layanan primer, Pemerintah Kabupaten Langkat menggelar Rapat Koordinasi Implementasi Integrasi Layanan Primer (ILP) Kabupaten Langkat di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Sumut, Kamis (20/6/24).

Kegiatan dihadiri 5 lokus Kecamatan yang menjadi titik awal yaitu Kecamatan Salapian, Kecamatan Stabat, Kecamatan Hinai, Kecamatan Besitang, Kecamatan Selesai dan Kecamatan Pangkalan Susu, dengan menghadirkan Camat, Kepala Desa/Lurah dan Kepala Puskesmas dengan menghadirkan pemateri Usaid Momentum Sumut Syafrimed Aziz.

Pj Bupati Langkat H.M.Faisal Hasrimy, AP., M.AP dalam kata sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat Amril, S.SOS., M.AP menyampaikan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Langkat siap mendukung agenda transformasi sistem kesehatan tersebut.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mulai mengintegrasikan dan merevitalisasikan pelayanan kesehatan primer, transformasi ini merupakan upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Dimana integrasi tersebut akan melihat mulai dari pelayanan puskesmas hingga ke tingkat desa. Hal tersebut bertujuan menyamakan kebijakan integrasi pelayanan primer yang berfokus pada pemenuhan layanan kesehatan sesuai siklus hidup dalam mendukung agenda transformasi sistem kesehatan, ucapnya.

Amril menambahkan, update perkembangan penimbangan dan pengukuran stunting di Kabupaten Langkat. Sampai hari ini data yang sudah masuk sekitar 98,46%, dimana 88.000 lebih balita yang sudah melakukan penimbangan dan pengukuran. Dari hasil tersebut ada 334 balita yang terindikasi stunting.

Ada kesenjangan yang cukup tinggi antara SKI yang dirilis 2023 angka stunting Kabupaten Langkat sekitar 16%, namun setelah melakukan penimbangan yang terindikasi hanya 0,39%. Dan kita harus pertahankan persentase ini, karena hasil ini real menggunakan alat standar yang diinstruksikan oleh pusat.

“Kita akan segera membuat pertemuan menyeluruh untuk tindak lanjut terkait anak anak yang terindikasi stunting di Kabupaten Langkat tersebut," Ucap Sekdakab Langkat Amril.S.Sos mengakhiri. (Kurnia 02)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel