Pj Gubsu Lantik Sekda Deli Serdang Jadi Pj Walikota Padang Sidempuan


DikoNews7 -
  
 
Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Dr Hassanudin melantik Sekretaris Daerah (Sekda) Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP menjadi Pj Walikota Padang Sidempuan di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubsu, Jalan Sudirman, No.41, Medan, Rabu (19/6/2024).
 
Pada acara yang dihadiri Pj Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM dan Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Deli Serdang, Ny Ny Ismiralda Wiriya Alrahman tersebut, juga dilakukan pelantikan serupa kepada Pj Bupati Padang Lawas, Ardan Noor dan Batubara, Heri Wahyudi.
 
Pj Gubsu menyampaikan, pelantikan dilakukan berdasarkan kebutuhan masyarakat. "Tiga Pj Kepala Dareah yang dilantik ini, akan mampu melanjutkan dan meningkatkan inovasi pemerintahan dalam rangka kesejahteraan rakyat," kata Pj Gubsu. 
 
Pj Gubsu juga berpesan kepada ketiga Pj Kepala Daerah yang dilantik untuk bisa meningkatan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan kualitas pelayanan publik. Hal tersebut akan berdampak pada peningkatan partisipasi dan iklim politik yang kondusif, dan begitu pula sebaliknya. 
 
"Penguatan partisipasi masyarakat yang bertanggungjawab dan tidak anarkis dapat menciptakan daerah yang aman bagi investor, sehingga dapat mendorong percepatan perbaikan kualitas pelayanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," sebutnya.
 
Pj Gubsu menyinggung masalah stunting. Pemerintah pusat menargetkan tahun 2024 ini, angka stunting turun menjadi 14 persen. Maka dari itu, dibutuhkan koordinasi dan sinergi seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kabupaten/kota dalam mengambil langkah-langkah strategis. 
 
"Langkah strategis yang mesti dilakukan, antara lain dukungan terhadap arah kebijakan dan anggaran untuk perbaikan pola asuh dan lingkungan, penanganan kurang gizi dan anemia, tepat sasaran kepada ibu dan anak," jelas Pj Gubsu.
 
Pj Gubsu juga mengingatkan para kepala daerah untuk mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan diselenggarakan, pada 27 November 2024. Menurutnya, proses demokrasi yang baik akan mempercepat terwujudnya masyarakat madani atau civil society. 
 
Selanjutnya, tentang arahan Presiden menyangkut beberapa hal, di antaranya pengendalian inflasi dengan menjaga stabilitas harga, alokasi anggaran untuk stimulus ekonomi, dan mewaspadai dampak fenomena iklim.
 
Kemudian, menyederhanakan prosedur dan tata kelola perizinan bagi investor, memberi dukungan pada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), dan mengantisipasi gejolak politik sekecil apapun serta terus mendukung program prioritas pemerintah, seperti penurunan kemiskinan ekstrem dan hilirisasi industri.
 
Di tempat yang sama, Pj Ketua TP PKK Sumatera Utara, Ny Dessy Hassanudin melantik Ketua Dharmawanita Persatuan Deli Serdang, Ny Hj Boya Timur Tumanggor menjadi Pj Ketua TP PKK Kota Padang Sidempuan serta Pj Ketua TP PKK Batubara, Ny Febriani Heri Wahyudi.
 
Ny Dessy Hassanudin meminta para Pj Ketua TP PKK untuk segera melakukan konsolidasi dengan pengurus provinsi maupun kabupaten/kota, dan melakukan revitalisasi Posyandu dengan tujuan untuk penurunan stunting di daerah. Turut hadir pada pelantikan tersebut, Ketua DPRD Sumut, Sutarto; Sekretaris Daerah Provinsi Sumut, Arief S Trinugroho dan lainnya.
 
Mendampingi Pj Bupati Deli Serdang, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Dr Drs Citra Effendi Capah MSP; Asisten Administrasi Umum, Drs David Efrata Tarigan MSP dan para pejabat Pemerintah Kabupaten Deli Serdang. (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel