Semarak Idul Adha 1445 H, Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku Sembelih 15 Hewan Qurban


DikoNews7 -

Sebagai ibadah pada momentum perayaan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1445 Hijriah, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Labuhan Ruku Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Sumatera Utara menggelar penyembelihan hewan qurban.

Sebelumnya, kegiatan diawali dengan sholat Idul Adha 1445 H. Kegiatan tersebut diikuti seluruh petugas dan warga binaan yang beragama islam, bertempat di area lapangan blok hunian. Bertindak sebagai kbotib dan imam sholat idul adha adalah Ustad Zaimiri. S. Pdi.

Selain melaksanakan sholat berjamaah, pihaknya juga melakukan pemotongan hewan qurban. Total ada 15 ekor hewan qurban disiapkan yang terdiri dari 4 ekor sapi dan 11 ekor kambing.

Kehadiran Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Alexander Lisman Putra dalam pelaksanaan sholat Idul Adha ini sebagai penyemangat bagi warga binaan. 

Dan ini menunjukan komitmen Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku untuk membina dan memperhatikan kesejahteraan spiritual para warga binaan.

Kalapas Labuhan Ruku Alexa dalam sambutannya mengatakan, pentingnya momentum Idul Adha sebagai waktu untuk refleksi diri, memperbaiki kesalahan dan mempererat tali silaturahmi.

"Momen Idul Adha 1445 H di Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku menjadi bukti nyata bahwa pembinaan rohani tetap menjadi prioritas utama, disamping pembinaan kepribadian dan keterampilan lainnya, " ungkap Alexa.

Dengan adanya kegiatan seperti, diharapkan para warga binaan dapat menjalani masa pidana dengan lebih baik dan siap kembali ke masyarakat dengan bekal spiritual yang kuat, tandas Alexa.

Sementara itu, Ustad Zaimiri SPdi dalam khutbahnya menekankan pentingnya pengorbanan, kesabaran, dan keikhlasan dalam menghadapi ujian hidup.

Iduil adha mengajarkan kita tentang makna pengorbanan yang sebenarnya, seperti Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan putranya, kita pun harus siap berkorban demi kebaikan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, tutur Ustad Zaimiri.

Setelah Sholat Idul Adha dilanjutkan dengan kegiatan Pemotongan hewan qurban. Pada tahun ini Hewan Qurban yang diterima untuk disalurkan kepada Warga Binaan. Pemotongan hewan Qurban tersebut dilaksanakan 2 hari yaitu, Senin dan Selasa.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel