Gandeng Diskanak Batu Bara, Lapas Labuhan Ruku Gelar Pelatihan Budidaya Ayam Potong


DikoNews7 -

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Labuhan Ruku, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara (Kanwil Kemenkumham Sumut) menggelar kegiatan pembinaan kemandirian berupa budidaya ayam kampung.

Kegiatan tersebut sebagai langkah strategis dalam memberikan pembinaan dan pelayanan prima kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). 

Kegiatan tersebut di laksanakan di lahan peternakan ayam kampung, Rabu (18/09/2024). 

Kegiatan pelatihan Warga Binaan ini bekerjasama  dengan pihak Dinas Perikanan dan Peternakan (Siskanak) kabupaten Batu Bara. 

Instruktur yang dihadirkan dan ditunjuk adalah mereka yang sudah terampil dan sangat handal dibidangnya masing-masing sertifikasi uji kompetensi asessor. 

Materi pelatihan mencakup teknik beternak ayam kampung, pemeliharaan bibit ayam, menjaga kesehatan seperti pemberian vaksin dan vitamin serta pembuatan pakan yang hemat dan mudah dibuat. 


Salah satu peserta mengungkapkan kebahagiaan dan ucapan terima kasih diberikan kepada Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku yang telah mengagendakan kegiatan pelatihan bagi Warga Binaan, tentunya ini sangat berguna bagi setiap peserta. 

“Kami semua berterimakasih kepada jajaran Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku, Kalapas dan terkhusus Seksi Kegiatan Kerja yang telah memberikan kegiatan pelatihan kemandirian ini, dengan pelatihan ini kami mendapatkan pengetahuan tentang cara beternak ayam kampung," ucapnya. 

Sementara itu, Kalapas Kelas IIA Labuhan Ruku Alexa mengatakan, tujuan Pemasyarakatan yakni membentuk Warga Binaan agar menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindakan pidana.

 Upaya yang dilakukan oleh Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku adalah menjalankan program yang telah dirumuskan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yakni program pembinaan kemandirian WBP agar setelah keluar dari Lapas mereka dapat mandiri memenuhi kebutuhannya, tandasnya. 

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel