Panwascam Talawi Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pilkada Serentak 2024


DikoNews7 -

Dalam rangka menyonsong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024, Kecamatan Talawi menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif yang bertujuan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pengawasan setiap tahapan Pemilihan. 

Kegiatan ini berlangsung di RM Kawan Kito Jl. Imam Bonjol Lingkungan V Kp. Hilir, kelurahan Labuhan Ruku, kecamatan Talawi, kabupaten Batu Bara, Sabtu (21/09/2024). 

Sosialisasi ini diinisiasi oleh Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Talawi. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari berbagai organisasi masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda. 

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber Akademis Husnul Zein. S.E.

Kegiatan ini secara langsung dibuka oleh Ketua Panwascam Kecamatan Talawi, M.Nasir didampingi Ketua Kordiv OSDM Mhd. Nasir. S. Sos, Kordiv HP2H Khairul Azmi. S. I. Pust serta Kordiv P3S Ali Yasfi. S. Sos. 

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa pentingnya peran masyarakat dalam mensukseskan Pilkada Serentak tahun 2024.

Pengawasan partisipatif adalah kunci untuk memastikan bahwa proses Pemilihan berjalan secara jujur, adil dan demokratis. 


Dengan terlibat aktif, masyarakat dapat membantu mencegah terjadinya kecurangan dan pelanggaran yang dapat mencederai demokrasi, tuturnya. 

Sementara itu, dalam sambutannya Kordiv HP2H Khairul Azmi menyampaikan kepada peserta sosialisasi tentang jumlah TPS yang berkurang dari Pemilu sebelumnya berjumlah 114 TPS se-kecamatan Talawi.

Sedangkan untuk Pilkada terjadi pengurangan TPS menjadi 53 TPS Reguler dan TPS Khusus ada 3 yang berada di Lapas Labuhan Ruku dengan jumlah seluruh menjadi 56 TPS se-kecamatan Talawi, lanjut Azmi. 

Kegiatan sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam mengawasi jalannya Pemilu 2024 khususnya di kecamatan Talawi, sebutnya. 

"Peserta sosialisasi diajak untuk secara proaktif memeriksa apakah wilayah sekitar rumah mereka sebagai peserta Pemilihan yang akan ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Batu Bara sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT)," terang Azmi. 

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Batu Bara M. Amin Lubis memberikan pemaparan mengenai mekanisme dan pentingnya pengawasan partisipatif. 

Para peserta sosialisasi dibekali dengan pengetahuan tentang hak dan kewajiban sebagai pengawas Pemilu serta cara-cara melaporkan dugaan pelanggaran yang terjadi di lapangan. 

Selain itu, dalam sesi diskusi peserta sosialisasi diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat, serta saran terkait pengawasan Pemilu. 

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel