Pembukaan PON Aceh-Sumut di Stadion Baharuddin Siregar Meriah


DikoNews7 -

Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Wilayah Sumatera Utara di Stadion Baharuddin Siregar, Lubuk Pakam yang dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Dr Drs Ahmad Fatoni dan Pj Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM, Senin malam (9/9/2024), berlangsung meriah.

Diisi beragam acara, dimulai dengan pawai defile seluruh kontingen provinsi yang bertanding di Sumatera Utara, dan serentak dilakukan di Stadion Harapan Bangsa, Aceh. 

Dilanjutkan dengan pengibaran bendera PON dan dilanjutkan dengan estafet pembawaan api obor PON,

Selanjutnya, upacara pembukaan PON di Sumut menyaksikan prosesi pembukaan di Aceh oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang ditayangkan secara virtual.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyebut PON merupakan ajang melahirkan lebih banyak atlet terbaik bangsa. 

"Tapi juga yang tidak kalah penting PON ajang kita semakin mempererat persaudaraan kita, memperkokoh tali persaudaraan kita. Saya titip pegang teguh sportivitas dan fair play," kata Presiden dalam pidatonya.

Acara dilanjutkan dengan pengibaran bendera PON dan dilanjutkan dengan estafet pembawaan api obor PON. 

Salah seorang penonton yang duduk di tribun Sutrisno, mengaku bangga diadakannya PON di Sumut. Ia senang melihat momen langka yang mungkin tidak akan pernah disaksikannya lagi yaitu api raksasa dari kaldron PON XXI. 

"Bangga ya, ini momen langka, bersyukur kita diadakan PON di Sumut, semoga hingga akhir nanti tidak ada kendala dan berjalan sukses lancar," kata Sutrisno. 

Selanjutnya, ada juga pembagian hadiah door prize, mulai dari 15 sepeda listrik, lima unit kulkas, lima sepeda motor, dan satu unit mobil. Pembukaan event nasional yang bersejarah tersebut ditutup dengan penampilan band J-Rock.

"Senang, puaslah, nonton band juga, lihat kembang api yang banyak, lihat obor raksasa, senanglah," kata Andri. 

Kepala Bidang Humas Publikasi dan IT Panitia Besar (PB) PON XXI Wilayah Sumut, Ilyas Sitorus mengatakan, pembukaan di Lubuk Pakam ini merupakan mirroring dari pembukaan PON XXI di Aceh. 

Meski pembukaan utama dilakukan di Aceh, pembukaan di Sumut ini tidak kalah meriah. Tampak ribuan masyarakat hadir memenuhi stadion. 

"Tidak kalah meriah dengan pembukaan di Aceh, di situ kita lihat ada ribuan masyarakat padati tribun yang telah disediakan, pembukaan ini juga kita rangkaian dengan banyak kegiatan dan hiburan bagi masyarakat, apalagi ini momen bersejarah bagi masyarakat kita," kata Ilyas Sitorus.

PB PON mengharapkan dengan upacara pembukaan yang semarak ini di Sumut, dapat memberikan semangat pada seluruh masyarakat dalam menyukseskan PON. Kesuksesan PON mesti dilakukan secara bersinergi, termasuk dengan seluruh masyarakat. 

"Seperti yang sering disampaikan Pak Pj Gubernur, jadi tuan rumah PON ini merupakan kesempatan langka, kita bisa mendapat kesempatan jadi tuan rumah PON kembali 80 tahun lagi, jadi inilah kesempatan kita menyaksikan dan menyukseskan PON ini bersama," kata Ilyas yang juga Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut ini.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Deli Serdang, Ny Ismiralda Wiriya Alrahman; Ketua DPRD Sumut, Sutarto; Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Rony Samtana; Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum, Effendi Pohan; Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian; Pj Sekda Deli Serdang, Drs Citra Efendi Capah MSP; Pj Ketua Dharmawanita Persatuan Deli Serdang, Ny Khairani Citra Efendi Capah; para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Sumut dan Deli Serdang serta lainnya. (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel