Siapkan Pelaksanaan Pilkada di Hari Libur, Erwin : KPU Bekerja Sesuai Dengan Hari Kalender


DikoNews7 -

Orientasi tugas adalah kegiatan yang dirancang untuk memastikan jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Batu Bara siap melaksanakan proses demokrasi khususnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024.

Pilkada sudah menunggu hitungan hari, di mana pelaksanaan Pilkada akan berlangsung pada Rabu 27 November 2024 mendatang. Sementara KPU kabupaten Batu Bara terus melakukan persiapan walaupun di hari Minggu. 

Nampak Ketua KPU Kabupaten Batu Bara, Erwin dan sejumlah staf Sekretariat serta staf Bawaslu beserta pihak Kepolisian menerima logistik yang masuk di gudang logistik berupa kotak suara Pilkada yang masuk di gudang logistik Desa Sumber Padi, kecamatan Lima Puluh, Minggu (29/09/2024). 

Ketua KPU Batu Bara di lokasi gudang logistik kepada awak media mengatakan, bahwa KPU Batu Bara dalam hal bekerja sesuai dengan hari kalender dan tidak mengenal tanggal merah, sepanjang masi dalam tahapan tetap bekerja melaksanakan berbagai tahapan demi kesuksesan jalannya Pilkada Serentak Tahun 2024.

Saat ini KPU Batu Bara sedang menyiapkan berbagai tahapan Pemilu, diantara memastikan hak pilih warga yang ada di Batu Bara terjamin, lanjut Erwin. 


Selain itu, KPU juga memastikan semua logistik sudah siap sebelum hari pemungutan suara, diantara logistik yang sedang dipersiapkan diantaranya surat suara, kotak dan berbagai alat kelengkapan lainnya.

Kemudian KPU juga sudah meminta komitmen kepada tiga Pasangan Calon Bupati Kabupaten Batu Bara untuk melakukan deklarasi kampanye damai sesuai dengan PKPU Nomor 13 Tahun 2024 tentang kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Wali Kota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

Selain itu Erwin juga menjelaskan pada pelaksanaan Kampanye pada saat Pemilihan Tahun 2024 ini, sesuai dengan petunjuk teknis KPU RI Nomor 1363 Tahun 2024 bahwa KPU Batu Bara akan menyediakan sejumlah alat peraga kampaye dan bahan kampanya yang ke semua sedang dipersiapkan oleh KPU. 

"Semalam kami sudah melaksanakan rakor dengan Tim Paslon Bupati dan Wakil Bupati, dan sudah meminta desain APK dan Bahan Kampanye kepada semua Paslon, dan KPU Batu Bara tentu akan bersikap adil dengan memberikan jumlah dan kualitas yang sama dalam hal pemberian APK dan Bahan Kampanye kepada semua Bapaslon tanpa membedakan satu sama lain," ungkap Erwin.

Erwin juga menegaskan pihaknya akan terus berkerja mempersiapkan pelaksanaan pilkada, sesuai dengan prinsip penyelanggaraan  Pemilu, sesuai amanah Pasal 3, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif, dan efisien. 

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel