Unras GAP-SU Desak Pj Bupati Batu Bara Instruksikan Netralitas ASN Jelang Pilkada 2024


DikoNews7 -

Dua ratusan massa yang tergabung dalam Gerakan Aktivis Peduli Sumatera Utara (GAP - SU) menggelar aksi Unjuk Rasa (Unras) di depan Kantor Bupati Batu Bara, Senin (30/09/2024). 

Mereka menyuarakan dugaan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Neger (ASN) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024.

Yel - Yel terdengar dari barisan massa dengan membawa spanduk bertulisan "Kami Mendesak Pj Bupati Batu Bara dan Aparat Penegak Hukum Untuk Netral Pada Pilkada, Intervensi No, Netral Yes".

Massa yang menamakan diri GAP - SU mendesak PJ Bupati Batu Bara memberi instruksi kepada ASN agar bersikap netral dan tidak terlibat dalam Politik Praktis dalam Pilkada Batu Bara Tahun 2024.

Koordinator aksi, Zanli Al Fahry dalam orasinya mendesak PJ. Bupati Batu Bara dan ASN untuk tetap netral dalam Pilkada 2024.

Tujuh tuntutan utama dari para pendemo adalah :

Tidak memberikan dukungan ataupun fasilitas kepada Bakal Calon Kepala Daerah Gubernur dan kabupaten / kota baik sebelum dan sesudah kempanye.

Tidak akan menanggapi mengikuti, membagikan dan menyebarkan kegiatan Bakal Calon Kepala Daerah kabupaten / kota kepada media maupun dalam bentuk kampanye. 

Lanjut Nazli, mendesak Pj. Bupati Batu Bara untuk deklarasi netralitas ke seluruh ASN. 

Memberikan sangsi kepada ASN yang melanggar netralitas sesuai dengan ketentuan Perundang - Undangan.

Kemudian meminta Kapolres Batu Bara agar dapat menertibkan anggota supaya tidak terlibat dalam Politik Praktis ini. 

Meminta Kapolres agar menjaga Pilkada ini supaya damai dan tidak terjadinya kerusuhan dalam Pilkada di Kabupaten Batu Bara, tegas Nazli. 

Nazli juga menegaskan kepada Pj. Bupati Batu Bara untuk tetap netral pada Pilkada Tahun 2024.


Biarkan lah rakyat yang menentukan siapa yang akan mereka pilih supaya demokrasi berjalan dengan sempurna pada 27 November 2024 mendatang. 

Kami harap Pj Bupati Batu Bara beserta ASN dan TNI / Polri betul - betul netral dalam Pilkada ini, jangan gunakan kekuasaan hanya untuk kepentingan tapi gunakan lah untuk menjaga dan mempertahankan demokrasi dari orang - orang yang gila kekuasan, cetusnya. 

Lanjutnya, begitu juga dengan pihak Kapolres Batu Bara agar dapat menertibkan anggota dan mengingatkan supaya tidak terlibat politik praktis.

Massa aksi juga meminta Kapolres Batu Bara segera menindaklanjuti apabila ada anggota terlibat dan terbukti maka harus di proses hukum sesuai dengan Undang - Undang yang berlaku di negara ini. 

Kami berharap Pilkada 2024 ini benar - benar netral, tidak dalam ucapan tapi tindakan harus dilakukan sesuai dengan apa yang di ucapkan. 

Kami akan mengawal berjalannya demokrasi di kabupaten Batu Bara sebagai bentuk kepedulian kami, pinta Nazli. 

Sementara itu, Pj. Bupati Batu Bara, H. Heri Wahyudi Marpaung menyambut baik aksi GAP - SU yang telah menyampaikan aspirasi terkait dugaan ASN tidak netral dalam Pilkada 2024.

"Bahwasanya kita juga memiliki Undang - Undang terkait bagaimana seseorang ASN, P3K terkait dalam Pilkada. Kami sebagai abdi negara dalam Pilkada Batu Bara, kami berada di tengah - tengah dan netral", sebut Heri. 

Sembari Kapolres Batu Bara AKBP Taufiq Hidayat Thayeb menyampaikan, mari kita ciptakan Pilkada Damai. TNI / Polri saya pastikan netral. 

Ditegaskan Taufiq, saya juga sudah instruksikan ke bawah untuk netral di Pilkada 2024.

"Kalau ada anggota Polri (Polres Batu Bara) yang nakal atau tidak netral, sampaikan ke saya, akan saya tindak tegas," ungkap Kapolres AKBP Taufiq. 

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel