Lestarikan Lingkungan, SKK Migas dan Pertamina EP Pangkalan Susu Tanam 2000 Mangrove di Desa Pasar Rawa


DikoNews7 -

Komitmen Pertamina EP Pangkalan Susu dalam menjaga kelestarian lingkungan kembali diwujudkan melalui kegiatan penanaman 2.000 bibit mangrove di Desa Pasar Rawa, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat, Sumut, Rabu (16/10/2024).

Penanaman dilakukan bekerja sama dengan SKK Migas Perwakilan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dan berkolaborasi dengan Kelompok Tani Hutan (KTH) Maju Bersama, yang merupakan mitra binaan Pertamina EP dalam pelaksanaan kegiatan penghijauan tersebut.

Dalam sambutannya, Pejabat Sementara (Pjs.) Field Manager Pangkalan Susu, Suhardi, menekankan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan bagi generasi mendatang. 

"Kita tidak hanya hidup untuk hari ini, tetapi juga untuk masa depan dan generasi penerus kita. Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari berbagai pihak. Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif di berbagai aspek," ujar Suhardi.

Sebanyak 2.000 bibit mangrove ditanam di cekungan tanah berair di sekitar aliran sungai yang menuju laut, atau yang dikenal oleh masyarakat setempat sebagai "paluh". 

Paluh ini terletak di kawasan hutan mangrove di Desa Pasar Rawa. 

Penanaman mangrove ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem karbon biru, yang memiliki peran penting dalam penyerapan dan penyimpanan karbon jangka panjang, serta berkontribusi pada pengurangan dampak perubahan iklim. 

Upaya ini juga sejalan dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan poin ke-13, yaitu Penanganan Perubahan Iklim.


Sejalan dengan komitmen Pertamina, Koordinator Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagut, Muhammad Rochaddy, menyampaikan bahwa aspek lingkungan merupakan bagian penting dalam kegiatan hulu migas. 

"Selain bertanggung jawab atas peningkatan produksi migas, kami juga diberikan mandat untuk berkontribusi terhadap peningkatan kualitas lingkungan. Salah satu wujud nyata dari komitmen tersebut adalah melalui kegiatan penanaman pohon," jelasnya.

Rochaddy juga menekankan bahwa komitmen Pertamina terhadap pelestarian lingkungan sangat luar biasa, yang dibuktikan dengan jumlah besar pohon mangrove yang ditanam.

Sekretaris Desa Pasar Rawa, Siswanto, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas perhatian terhadap lingkungan desa. 

"Kami berterima kasih atas penanaman bibit mangrove, yang diharapkan bermanfaat bagi masyarakat dan nelayan," ujar Siswanto. 

Dirinya menambahkan bahwa mangrove penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem di paluh, memberikan nutrisi bagi berbagai jenis ikan, udang, dan hewan lainnya, serta memiliki nilai ekonomi bagi warga sekitar.

Selain Pjs. Field Manager PEP Pangkalan Susu Suhardi, kegiatan ini turut dihadiri oleh Koordinator Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagut, Muhammad Rochaddy, serta Sekretaris Desa Pasar Rawa, Siswanto. 

Turut hadir pula Comrel & CID Officer Pertamina Hulu Rokan Zona 1, Nurseno Dwi Putranto, perwakilan dari KKKS Sumbagut, PT EMP Gebang, dan pengurus KTH Maju Bersama. (Kurnia02)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel